Thursday, February 17, 2011

Kenapa Daun Berwarna Hijau?

Share |
 
Ternyata, daun berwarna hijau karena adanya dominasi pigmen warna hijau, yang disebut klorofil a dan klorofil b, yang ada di dalam serat-serat tanaman yang berfungsi untuk melakukan penyerapan sinar matahari guna berjalannya proses fotosintesis (suatu proses sintesa sari makanan dengan bantuan cahaya matahari). Pigmen-pigmen hijau tersebut berada dan dibuat di dalam suatu bagian sel, plastida, yang disebut kloroplas. Pigmen hijau itu menutupi pigmen-pigmen warna lainnya seperti merah-orannye (beta-carotene) dan juga kuning (xanthophylls).


“Tapi warna daun kan tidak semuanya sama. Nah kalo’ itu kenapa?”

Nah juga, kalau yang ini ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah: perbedaan dalam hal susunan dan kandungan biokimia, ada tidaknya susunan bulu-bulu/rambut pada permukaan daun, perbedaan habitat tanaman, umur daun, dll. Bahkan ternyata, disain daun pun dapat berpengaruh terhadap tampilan warna hijau dari daun tersebut.

Tetapi yang jelas, prosentase klorofil per area permukaan daun memegang peranan penting dalam menentukan hijaunya daun.

Cuma itu? Tidak juga banyak faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap tampilan dari hijaunya warna daun. Misalnya adanya penyakit tertentu pada daun atau tanaman, kekurangan atau kelebihan unsur-unsur hara tertentu, juga mempengaruhi warna hijau dari daun.