Friday, February 18, 2011

Penemuan Microwave

Share |
Samsung QW71X - 20 Liters Capacity|6 Power Levels|Microwave with GrillSebuah ketidaksengajaan memang kadang-kadang justru menguntungkun. Berbagai penemuan penting di dunia ini banyak pula yang diawali dari ketidaksengajaan itu. Salah saatunya adalah microwave. Oven bertenaga listrik yang saat ini sangat populer untuk memudahkan memasak dalam suhu yang bisa diatur-atur itu ternyata ditemukan secara kebetulan.

Kisah penemuan itu berawal dari coklat yang ada di kantong seorang penemu bernama Percy Spencer. Ia adalah seorang inovaator yang bekerja di lembaga pertahanan Raytheon yang telah mempunyai sekitar 120 hak paten atas penemuan-penemuannya. Kala itu, sekitar tahun 1946, Spencer sedang meneliti bagaimana meningkatkan kemampuan radar yang ada di jalan melewati sebuah radiator yang sedang bekerja, coklat di celananya meleleh.

Mengetahui peristiwa itu, otak Spencer yanag dikenal encer segera berputar bagaimana memanfaatkan fenomena itu. Maka ia pun kemudian melakukan sejumlah eksperimen. Akhirnya dari inovasi ketidaksengajaan itu, lahirlah microwave yang pertama kali di dunia. Beratnya sekitar 340 kg. Setara dengan anak gajah mungkin ya? Alat itu kemudian dimanfaatkan untuk keperluan restoran, pesawat dan kapal untuk mempercepat menghangatkan makanan . Tentu, setelah sekian lama, dengan berbagai eksperimen, bentuk dan ukuran microwave terus mengalami perubahan hingga bisa digunakan di rumah seperti sekarang.