Tuesday, February 15, 2011

Paus Biru: Hewan Terbesar

Share |
Hewan terbesar di dunia saat ini adalah paus biru. (blue whale) Ukurannya mencapai panjang lebih dari 30 meter dan berat sampai 136 ton. Ikan Paus Biru ini dapat ditemukan di hampir semua lautan di dunia. Walaupun bentuknya menyerupai ikan, namun sebenarnya ikan paus biru bukanlah ikan, melainkan mamalia, sehingga Ikan Paus Biru, selain sebagai binatang terbesar di dunia adalah juga mamalia terbesar di dunia.
Seperti layaknya mamalia lain, ikan paus biru melahirkan dan menyusui anaknya. Bayi Ikan Paus Biru yang baru lahir saja beratnya 2.5 ton dengan panjang kurang lebih 7 meter. Usia seekor Ikan Paus Biru bisa mencapai 80 tahun.


Masuk dalam famili Balaenopteridae, Ikan Paus biru adalah kerabat dekat paus bungkuk (humpback whale), Ikan Paus sirip (fin whale), Ikan Paus Bryde’s, dan Ikan Paus sei. Sangat disayangkan karena Ikan paus biru hampir punah. Untunglah larangan berburu dikeluarkan pada 1960-an, sehingga sekarang populasi hewan terbesar di dunia ini diperkirakan antara 5.000 dan 12.000.